fbpx
Senin, 29 November 2021

Ulasan Mingguan Forex Trading – 28 Juni 2021

Currency

EURUSD naik ke 1,1975 selama sepekan tetapi ditutup pada hari Jumat di 1,19342. Dolar AS bergantung pada komentar pejabat the Fed. Menjelang akhir pekan, dolar menjadi lebih kuat dan mendorong pasangan ini turun. Namun demikian, pasangan ini diperdagangkan secara signifikan di bawah level sepuluh hari yang lalu.

Bank of England membiarkan suku bunga dan kebijakan moneternya tidak berubah. Para trader menunggu hasil ini. Investor tetap kecewa dengan nada dovish the Fed yang seolah-olah tidak menunjukkan niat sebelumnya untuk menaikkan suku bunga. Pasangan ini menutup pekan lalu di 1,38777, tetapi dalam beberapa hari ini, harga berfluktuasi di koridor harga antara 1,3850-1,4000.

Pada pertengahan pekan, USDJPY berkonsolidasi di dekat puncak dua bulan, bertahan di atas 110,00. Data AS yang optimis pada hari Kamis terus mendukung greenback. Kegugupan menjelang rilis NFP menguntungkan mata uang safe-haven Jepang. Namun, pasangan mata uang ini turun tajam setelah rilis dan kehilangan 0,52% setiap hari, berhenti di 109,70 pada Jumat malam.

Gold

Harga emas sedikit berubah dalam perdagangan berombak pekan ini, dengan kenaikan tetap terkendali oleh dolar yang kuat. Investor mengalihkan perhatian mereka ke kesaksian kepala the Fed AS Jerome Powell. Ia menegaskan kembali niat Federal Reserve untuk mendorong pemulihan pasar tenaga kerja yang ‘luas dan inklusif’ dan tidak menaikkan suku bunga terlalu cepat hanya berdasarkan ketakutan akan inflasi yang akan datang.

Akhir-akhir ini, emas tidak memenuhi penagihan sebagai lindung nilai terhadap inflasi atau penyimpan nilai terbaik pada saat masalah keuangan atau politik. Misalnya, pengukur inflasi utama AS yang dipantau oleh Federal Reserve naik untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Mei. Sementara itu, menurut data, pendapatan pribadi dan sentimen konsumen turun, yang menunjukkan meningkatnya tekanan harga terhadap pembelian yang lebih lemah dari warga Amerika Serikat.

Poin Penting

Pasangan EURUSD terutama diperdagangkan dalam koridor harga yang ketat selama sepekan, karena selera risiko naik atau turun. Pada hari Jumat, penghindaran risiko menjadi kurang terlihat dibandingkan tujuh hari sebelumnya. Pasar telah mengoreksi pengaturan pasangan di zona jenuh jual yang sangat tinggi, yang dapat dilihat pada pekan sebelumnya. Akibatnya, indikator teknis tetap dalam level netral. Namun, pekan mendatang akan memberikan beberapa rilis data penting di kedua sisi Atlantik, yang memengaruhi pasangan ini.

Para ekonom memperkirakan tidak ada perubahan kebijakan oleh Bank of England, karena regulator ini ingin menguji apakah lonjakan inflasi baru-baru ini bersifat sementara. Namun, pasar menunggu beberapa tanggapan terhadap pernyataan the Fed tanpa tanda-tanda berakhirnya pelonggaran kuantitatif lebih awal. Dan jawaban yang diberikan GBP untuk situasi tersebut sepenuhnya tepat. Oleh karena itu, dua peristiwa penting yang memengaruhi kedua sisi dari pasangan mata uang ini akan terlihat oleh para investor di pekan mendatang.

USDCAD tampaknya berada di antara beberapa pasangan mata uang, yang berhasil kembali ke level ‘sebelum Fed’ dalam satu setengah pekan yang lalu. Sekali lagi, penurunan pasangan ini menunjukkan potensi berbasis minyak dari dolar Kanada. Harga minyak naik dan kemungkinan akan meningkat lebih lanjut karena pemulihan global mengumpulkan kekuatan. Sementara itu, nonfarm payroll Amerika Serikat hari Jumat akan mendominasi pasar. Angka-angka yang lemah akan membahayakan dolar AS.

Emas kemungkinan akan terus stabil karena sebagian besar pembuat kebijakan Ketua Fed Powell setuju dengannya bahwa inflasi akan bersifat sementara.

Level penting: 1.754, 1.769, 1.790, 1.816

SourceOCTA FX
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Artikel Lainnya