fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Ulasan Mingguan – Inflasi AS melonjak ke level tertinggi dalam 13 tahun

EUR/USD

EURUSD mencapai level terendah dalam sebulan di bawah 1,2100, karena dolar AS menguat pada hari Jumat. Itu adalah reaksi tertunda terhadap laporan inflasi Kamis. Demikian pula, keputusan ECB untuk menghindari diskusi perampingan pada pertemuannya membuat pasangan mata uang turun. Harga penutupan akhir untuk pekan ini sebesar 1,21069. Dengan sedikitnya peristiwa perekonomian penting Zona Eropa, EURUSD akan keluar dari selera pasar terhadap greenback.

GBP/USD

GBPUSD juga melemah. Selama sepekan, GBPUSD mencapai lelvel 1,4075, tetapi penurunan paling drastis adalah dari 1,41840 ke 1,40940, dengan level penutupan akhir 1,41076. Penyebabnya adalah data yang campur aduk. Sementara output PDB bulanan dan neraca perdagangan lebih kuat dari yang diperkirakan, produksi industri memburuk. Tetapi masalah yang paling penting adalah masalah politik, karena tampaknya pembukaan kembali penuh negara itu akan ditunda hingga akhir bulan karena meningkatnya kasus COVID. Salah satu pejabat Inggris mengatakan pembukaan itu bisa mengalami penundaan hingga empat pekan ke depan. Namun, di sisi lain, penundaan pembukaan bisa mendorong pasangan ini turun lebih jauh.

USD/JPY

Pada pertengahan pekan, USDJPY berkonsolidasi di dekat puncak dua bulan, bertahan di atas 110,00. Data AS yang optimis pada hari Kamis terus mendukung greenback. Kegugupan menjelang rilis NFP menguntungkan mata uang safe-haven Jepang. Namun, pasangan mata uang ini turun tajam setelah rilis dan kehilangan 0,52% setiap hari, berhenti di 109,70 pada Jumat malam.

EMAS

Emas gagal menembus level USD1.900 meskipun data nonfarm payroll dan inflasi CPI mengejutkan. XAUUSD turun ke USD1.877 karena imbal hasil Obligasi AS naik dari dekat level terendah tiga bulan dan dolar menguat. Logam mulia ini menghapus beberapa kenaikan pendek yang disebabkan oleh laporan inflasi AS.

Laporan hari Kamis menunjukkan bahwa kenaikan harga emas didorong oleh pembukaan kembali perekonomian, memperkuat pandangan bahwa tekanan inflasi dapat mereda di akhir tahun. Dengan Federal Reserve menetapkan persyaratan tinggi untuk mempertimbangkan kembali sikap dovish-nya, data tersebut mendorong selera risiko di pasar global yang menekan permintaan emas sebagai pilihan yang aman.

POIN-POIN PENTING

ECB menawarkan pandangan optimis namun hati-hati untuk penyesuaian pembelian obligasi selama musim panas pada pertemuan mereka. Bank tersebut mengatakan akan membeli obligasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi, di bulan-bulan likuiditas musim panas yang tipis. Namun, dengan revisi prospek inflasi berikutnya pada September, regulator ini memperkirakan situasinya akan berbeda. Alasannya adalah bahwa negara-negara anggota akan menghapus pembatasan penguncian, dan vaksinasi akan meningkat. Pada titik tersebut, Presiden ECB mengharapkan pengurangan pembelian obligasi.

Pasangan GBPUSD berisiko memperpanjang penurunannya, terutama setelah berita akhir pekan. Perdana Menteri Inggris Johnson menyatakan, Sabtu, keprihatinan yang parah tentang penyebaran varian COVID di negara itu. Pada hari Senin, ia akan mengumumkan apakah pencabutan pembatasan terakhir yang tersisa dapat dilanjutkan pada 21 Juni. Selain itu, pemerintah akan merilis data perekonomian penting selama sepekan ke depan. Data perekonokian tersebut akan menunjukkan pantulan yang berlangsung dalam kegiatan ekonomi. Dengan demikian, kemungkinan pernyataan negatif Johnson dapat merusak gambaran tersebut.

Bank of Canada tidak membuat perubahan dalam kebijakannya, seperti yang diperkirakan. Pelemahan relatif jumlah lapangan kerja dan penurunan PDB riil membuat Dewan Komisaris mengadakan pertemuan yang tenang. Negara ini masih berjuang melawan COVID dan penundaan peluncuran vaksin setelah AS atau Inggris. Dengan demikian, pembukaan kembali perekonomian masih beberapa waktu lagi.

Emas bertahan di kisaran USD1.900. Reaksi pasar menunjukkan bahwa para trader sejalan dengan pandangan Fed bahwa tekanan inflasi bersifat sementara. Saat ini, investor akan mengalihkan perhatian mereka ke pertemuan The Fed tanggal 15 dan 16 Juni untuk memahami kebijakan yang akan datang. Level penting: 1.855, 1.868, 1.884, 1.890, 1.895, 1.901

SourceOCTA FX
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Artikel Lainnya