fbpx
Selasa, 3 Agustus 2021

Emas Naik Namun Dekat Level Terendahnya

Menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve yang akan dirilis pada dinihari nanti, pergerakan greenback terpantu cenderung stabil dan komoditas Emas mencatat kenaikan di sesi perdagangan Asia pagi ini, namun demikian masih berada di dekat level terendahnya dalam empat minggu terakhir.

The Fed akan memutuskan kebijakan mereka saat berakhirnya pertemuan kebijakan dua hari pada Rabu waktu AS, seiring para investor yang mencari petunjuk mengenai kapan pihak Bank Sentral AS akan mulai mengurangi pembelian aset mereka.

Meskipun sejumlah pejabat The Fed hingga saat ini memberikan desakan bahwa kebijakan moneter akan tetap bersifat dovish dalam beberapa waktu kedepan, namun kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi telah memicu berkurangnya minat beli pasar terhadap Emas sehingga mengalami tekanan jual dari level tertingginya dalam hampir lima bulan terakhir.

Para pejabat The Fed diperkirakan dapat memproyeksikan kenaikan suku bunga mereka di tahun 2023 mendatang, namun tidak diharapkan untuk memberikan sinyal adanya pengurangan pembelian aset obligasi, setidaknya hingga Agustus atau September 2021 ini.

Vivek Dhar yang menjabat sebagai analis komoditas di Commonwealth Bank of Australia mengatakan kepada Bloomberg, bahwa pelemahan yang terjadi baru-baru ini, yang terkait dengan kekhawatiran pasar terhadap The Fed yang akan segera melakukan pengetatan kebijakan moneternya, telah memberikan dukungan bagi penguatan nilai tukar Dollar sehingga membebani harga komoditas Emas.

Saat ini Federal Reserve menjadi salah satu dari beberapa bank sentral di dunia yang akan merilis keputusan kebijakan moneternya, bank sentral lainnya adalah Swiss National Bank dan Norges Bank akan merilis kebijakan moneternya di hari Kamis, yang akan diikuti oleh Bank of Japan pada hari Jumat lusa.

Sementara itu Metals Focus memperkirakan akan terjadi pemulihan permintaan terhadap komoditas Emas dari industri perhiasan dan bank sentral di tahun ini, namun masih dibawah level sebelum pandemi Covid-19 melanda, akan tetapi laju pembelian Emas oleh ETF di bursa akan mengalami penurunan tajam.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.