fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

FOMC Berdebat Perubahan Kebijakan, Diharapkan Berikan Kejelasan Langkah

Pejabat Federal Reserve pada hari Rabu diperkirakan setidaknya akan memberikan indikasi dimulainya pembicaraan yang tertunda. Tentang kapan dan bagaimana keluar dari kebijakan era krisis yang diberlakukan bank sentral AS pada awal pandemi virus corona tahun lalu.

Dengan inflasi AS meningkat lebih cepat dari yang diharapkan dan perkiraan ekonomi untuk tumbuh pada laju tercepat dalam beberapa dekade tahun ini, beberapa pembuat kebijakan mulai mempertanyakan apakah Fed harus terus mempertahankan suku bunga acuan jangka pendek dekat nol dan tidak mengubah program pembelian obligasi besar-besaran yang diberlakukan untuk membendung kejatuhan ekonomi dari pandemi.

Seimbang dengan kondisi ekonomi yang membaik: Amerika Serikat masih kekurangan 7,5 juta pekerjaan di awal tahun 2020, dan pembukaan kembali sekolah, tempat konser, dan sejumlah area publik lainnya masih dalam proses.

Infeksi dan kematian virus corona setiap hari telah turun, tetapi hanya sekitar setengah dari mereka yang berusia di atas 12 tahun yang telah divaksinasi sepenuhnya.

Setiap perubahan aktual dalam kebijakan moneter, sebagai akibatnya, kemungkinan besar akan terjadi beberapa bulan ke depan karena The Fed menyeimbangkan berbagai risiko.

Pernyataan kebijakan terbaru bank sentral, yang akan dirilis dengan proyeksi ekonomi baru pada pukul 2 siang waktu Amerika atau Kamis dinihari jam 01.00 WIB, diperkirakan akan salah dalam melanjutkan dukungan Fed untuk ekonomi sampai lebih banyak pekerja kembali bekerja. Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan mengadakan konferensi pers untuk menguraikan pertemuan dua hari itu pada jam 01.30 WIB.

Namun cukup banyak yang berubah dalam beberapa bulan terakhir – dan mungkin mulai berubah pada klip yang lebih cepat – bahwa para analis mengharapkan Fed setidaknya mengakui dimulainya diskusi kebijakan yang pada akhirnya akan mengarah pada rencana untuk pertama-tama mengurangi $ 120 miliar bulanan dalam pembelian obligasi ke nol dan kemudian mulai menaikkan suku bunga.

“Ini tentang membuat bola bergulir,” dalam proses yang mungkin memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan, dan dengan cara yang menghindari pergeseran sentimen yang cepat di antara investor atau konsumen yang dapat merusak pemulihan sementara itu, tulis Tim Duy, kepala AS ekonom untuk SGH Macro Advisors dan profesor Universitas Oregon yang berfokus pada kebijakan Fed.

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.