fbpx
Selasa, 3 Agustus 2021

Kepercayaan Sektor Bisnis Jerman Melonjak

Pelonggaran kebijakan pembatasan Covid-19 yang dilakukan secara bertahap oleh pemerintahan Angela Merkel, telah memberikan dukungan bagi aktifitas ekonomi saat ini serta harapan untuk masa depan, sehingga tingkat kepercayaan bisnis Jerman di bulan Juni berhasil mencapai level tertingginya sejak 2018 lalu.

Lembaga think-thank yang berbasis di Munichs, Ifo mengatakan bahwa indeks iklim bisnis yang diawasi secara ketat, naik menjadi 104.0 dari 102.9 di bulan Mei, sementara analis memperkirakan indeks akan naik moderat ke angka 103.6.

Para ekonom Ifo mengatakan bahwa kondisi di sektor ritel telah berada dalam kondisi yang membaik, di laju tercepatnya sejak reunifikasi pada tahun 1990, yang mencerminkan bahwa pencabutan pembatasan terhadap sektor ritel Jerman dilatarbelakangi oleh surutnya kasus Covid-19 di negara ekonomi terbesar Eropa tersebut.

Jerman yang lebih dikenal sebagai lokomotif ekonomi di Eurozone, telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara lebih luas dan kuat seiring meningkatnya tingkat vaksinasi, yang terlihat dari perkiraan awal bagi Eurozone IHS Markit Composite PMI, sebagai proksi real-time untuk pertumbuhan ekonomi, telah mencapai rekor tertingginya di bulan Juni.

Dalam sebuah catatannya kepada klien, analis di ING Carsten Brzeski mengatakan bahwa pembukaan kembali ekonomi di belakang peluncuran vaksinasi yang masih mempercepat telah jelas meningkatkan optimisme dan tampaknya melebihi kekhawatiran yang berasal dari gangguan rantai pasokan.

Sementara itu Brzeski menambahkan bahwa potensi spillover dari stimulus fiskal AS, implementasi dari European Recovery Fund di paruh kedua tahun ini mengalami rebound di sektor konstruksi serta fakta bahwa sektor manufaktur masih belum mencapai level sebelum terjadinya krisis, yang mana semuanya menandakan bahwa hal itu menjadi satu-satunya cara bagi ekonomi Jerman.

Sebelumnya Perancis sebagai negara ekonomi terbesar kedua di Eurozone, telah melaporkan kenaikan serupa dalam indeks kepercayaan bisnis INSEE menjadi 107, namun kenaikan ini dinilai masih kurang cepat dari perkiraan semula.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.