fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Lagarde : Pemulihan Eurozone Masih Rapuh

Dalam sebuah wawancara di hari ini, Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan bahwa ekonomi Eurozone mulai pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi tetapi pemulihannya dinilai masih tetap rapuh.

Saat ini para pembuat kebijakan di European Central Bank telah mulai memperdebatkan kapan mereka harus membatalkan program pembelian obligasi darurat mereka, yang hingga saat ini telah menggelontorkan lebih dari satu triliun Euro ke dalam sistem keuangan mereka sejak terjadinya pandemi.

Namun demikian kepada harian lokal Perancis La Provence, Lagarde telah memberikan isyarat bahwa dirinya belum siap untuk menghentikan Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP).

Lagarde menyampaikan bahwa pihaknya telah menyetujui untuk tetap mempertahankan PEPP, setidaknya hingga bulan Maret 2022 mendatang dan dalam hal apapun akan tetap dipertahankan hingga mereka menilai bahwa fase krisis dari virus corona telah berakhir, dan sementara itu laju pemulihan untuk saat ini memang telah mulai berjalan, namun hal tersebut nampaknya masih rapuh.

Sebelumnya pada awal pekan ini Presiden Bundesbank Jens Weidmann dan Robert Holzmann dari bank sentral Austria, menjadi gubernur ECB Pertama yang secara terbuka telah memperdebatkan prospek pengurangan program senilai 1.85 triliun Euro seiring membaiknya kondiai ekonomi.

Pada saat yang bersamaan Fabio Panetta selaku anggota Dewan Eksekutif ECB Italia, telah memperingatkan untuk tidak menarik dukungan terlalu cepat dikarenakan pandemi belum berakhir hingga saat ini.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.