fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Lagarde: Pemulihan Zona Euro Masih Berisiko Karena Mutasi Virus

Ekonomi zona euro mungkin menghindari skenario paling pesimistis yang dibayangkan pada awal pandemi COVID-19 tetapi masih berisiko karena mutasi virus, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pada hari Kamis.

ECB mulai memperdebatkan apakah akan mengurangi program pembelian obligasi besar-besaran karena ekonomi muncul dari kemerosotan yang disebabkan oleh virus corona, dengan perpecahan muncul antara pembuat kebijakan di berbagai negara.

“Prospek ekonomi yang membaik di belakang kemajuan pesat dalam kampanye vaksinasi telah mengurangi kemungkinan skenario yang parah,” kata Lagarde kepada Parlemen Eropa.

“Tentu saja, pemulihan yang baru lahir masih menghadapi ketidakpastian juga karena penyebaran mutasi virus.”

Dia berbicara dalam perannya sebagai ketua Dewan Risiko Sistemik Eropa, pengawas stabilitas keuangan Uni Eropa.

Dalam laporan tahunannya yang diterbitkan pada hari Kamis, ESRB mengatakan negara-negara Uni Eropa yang paling berhutang tidak mampu membayar lonjakan hasil setelah meminjam secara besar-besaran untuk membiayai tanggapan mereka terhadap pandemi.

Pemerintah Uni Eropa telah menghabiskan banyak uang untuk menopang ekonomi mereka yang dilanda virus, meningkatkan tumpukan utang yang telah melampaui satu tahun output ekonomi sebelum dimulainya pandemi di Italia dan Yunani.

ESRB mengatakan kenaikan lebih lanjut dalam imbal hasil obligasi AS dapat menyeret biaya pinjaman di sisi lain Atlantik.

“Efek limpahan … dapat membebani aktivitas ekonomi UE jika kurva imbal hasil yang curam mendahului pemulihan ekonomi di UE,” katanya.

“Kenaikan imbal hasil obligasi negara Eropa yang terlihat lebih kuat dari yang diamati saat ini dapat berdampak buruk pada dinamika utang, terutama di negara-negara yang telah memasuki krisis COVID-19 dengan beban utang yang meningkat.”

Didirikan setelah krisis keuangan terakhir, ESRB mengidentifikasi risiko keuangan terbesar yang dihadapi blok tersebut dan membuat rekomendasi kepada pihak berwenang, meskipun ini tidak mengikat.

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.