fbpx
Kamis, 23 September 2021

Output Industri Jerman Secara Keseluruhan Mengalami Penurunan

Kurangnya pasokan produk semikonduktor serta pasokan sejumlah bahan baku lainnya menjadi penyebab utama bagi output industri Jerman yang mengalami penurunan secara tidak terduga di bulan April, sehingga memberikan pertanda terhambatnya laju pemulihan di negara ekonomi terbesar Eropa tersebut.

Kantor statistik federal mengatakan bahwa output industri mengalami penurunan 1.0% di bulan April, setelah kenaikan sebelumnya di revisi turun sebesar 2.2% pada bulan Maret, sementara hasil jajak pendapat Reuters mengemukakan perkiraan kenaikan 0.5% di bulan April.

Terkait akan hal tersebut ekonom di VP Bank, Thomas Gitzel mengatakan bahwa kombinasi terisinya catatan pesanan di sektor industri dengan baik, namun tingkat produksi justru turun, sangat tidak tertandingi, serta adanya permasalahan terhadap pasokan semikonduktor yang menimbulkan tekanan bagi laju produksi di industri mobil.

Lebih lanjut Gitzel juga menyampaikan bahwa hal ini berarti bahwa sektor manufaktur hanya akan memberikan kontribusi terbatas terhadap laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di periode kuartal kedua ini.

Laju penurunan output industri secara keseluruhan mengalami tekanan dari penurunan produksi barang konsumi yang turun lebih dari 3% serta penurunan aktifitas konstruksi lebih dari 4% di periode bulan April.

Dalam hal ini Kementerian Ekonomi Jerman mengatakan bahwa hambatan yang dialami oleh pasokan untuk produk antara, seperti semikonduktor serta kayu telah menahan laju produksi.

Selain itu pihak kementerian juga menambahkan bahwa survei terhadap sentimen di sektor bisnis yang kuat, mampu menunjukkan peningkatan dalam beberapa bulan mendatang.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.