fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Sakurai : BoJ Kemungkinan Memperpanjang Bantuan Pandemi

Salah seorang mantan anggota dewan kebijakan Bank of Japan, Makoto Sakurai menilai bahwa kemungkinan bank sentral Jepang akan memperpanjang batas waktu di bulan September, bagi program bantuan pandemi Covid-19 pada pertemuan kebijakan di pekan ini.

Dalam kesempatan wawancara dengan pihak Reuters pada hari Senin kemarin, Sakurai juga menyampaikan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam melakukan revitalisasi pasar obligasi pemerintah Jepang yang terbengkalai oleh peran besar dari bank sentral.

Saat tinjauan kebijakan moneternya di bulan Maret lalu, pihak Bank of Japan telah memberikan klarifikasi bahwa imbal hasil untuk Japan Government Bonds (JGB) tenor 10 tahun, bergerak sebesar 50 basis poin di kisaran target 0%, dengan harapan bahwa hal ini akan mampu meningkatkan perdagangan di pasar obligasi.

Namun demikian volume perdagangan di pasar JGB telah mencatat penyusutan hingga ke level terendahnya dalam hampir dua dekade terkahir di bulan Mei lalu, sehingga mendorong keluarnya sejumlah seruan bagi bank sentral untuk mengambil lebih banyak langkah guna merevitalisasi pasar, seperti dengan cara memangkas laju pembelian obligasinya.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.