fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Sektor Jasa Jepang Mencatat Kenaikan

Untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir, indeks aktifitas sektor jasa di Jepang mencatat kenaikannya di bulan Juni, bahkan kenaikan ini terjadi di saat pemerintah Jepang bersiap untuk mengumumkan keadaan darurat di Tokyo, guna mengekang gelombang baru infeksi virus corona.

Hasil survei resmi dari pemerintah menunjukkan indeks sektor jasa naik 9.5 poin menjadi 47.6 di bulan Juni, yang didasarkan pada survei terhadap pekerja seperti sopir taksi, pekerja hotel dan staff restoran, yang dinilai oleh para pengamat ekonomi sebagai pihak yang dekat dengan tren konsumen dan ritel.

Indeks tersebut berfokus pada kondisi bisnis yang berlaku, sementara itu indeks terpisah yang mengukur prospek kondisi masa depan meningkat untuk bulan kedua berturut-turut, naik 4.8 poin menjadi 52.4 di bulan Juni.

Sejumlah analis mengatakan bahwa peningkatan ini dapat terbukti hanya bersifat sementara, mengingat bahwa rencana penerapan tindakan darurat Covid-19 putaran keempat untuk wilayah Tokyo akan dijalankan mulai minggu depan hingga 22 Agustus mendatang, sebagai upaya untuk membuat ibukota lebih aman saat menjadi tuan rumah Olimpiade.

Berdasarkan hasil survei tersebut maka Kantor Kabinet telah meningkatkan pandangannya mengenai ekonomi, dengan mengatakan bahwa peningkatan tersebut terjadi meskipun dari kondisi yang parah.

Pasca merilis nada optimis yang terkesan hati-hati, Bank of Japan akan mengadakan tinjauan kebijakan mereka pada 15-16 Juli, saat menyampaikan proyeksi terbaru bagi laju pertumbuhan dan inflasi.

Ekonomi Jepang dilaporkan mengalami penyusutan 3.9% di tingkat tahunan pada kuartal pertama lalu, dan kemungkinan hanya akan mengalami pertumbuhan moderat pada periode April-Juni, seiring banyak analis yang memperkirakan konsumsi akan tetap lemah yang sebagian diakibatkan oleh peluncuran vaksin yang lambat.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.