fbpx
Rabu, 4 Agustus 2021

Tingkat Pinjaman Konsumen Inggris Meningkat

Sebuah data yang dirilis oleh Bank of England menunjukkan bahwa tingkat pinjaman konsumen di Inggris mencatat kenaikan untuk pertama kalinya di bulan Mei lalu sejak bulan Agustus tahun lalu, yang mencerminkan kecepatan laju aktifitas ekonomi dari pembatasan Covid-19 yang telah dicabut pada bulan lalu.

Dilaporkan bahwa tingkat pinjaman tanpa jaminan mencatat kenaikan bersih sebesar 280 juta Poundsterling ($ 387.66 juta) dari bulan April sebelumnya, seiring para konsumen yang melakukan pembelian produk mobil dengan kesepakatan pembiayaan dealer dan mengambil lebih banyak pinjaman pribadi.

Hasil jajak pendapat dari Reuters terhadap para ekonom sebelumnya, menunjukkan bahwa kenaikan hanya di bawah 250 juta Poundsterling untuk bulan Mei, setelah mengalami penurunan masing-masing dari delapan bulan sebelumnya, akibat dari sebagian besar rumah tangga yang terjebak di rumah sehingga mengekang pengeluaran mereka.

Selain itu dalam data disebutkan pula bahwa pinjaman hipotek bersih mengalami peningkatan lebih cepat dari yang diharapkan dalam jajak pendapat Reuters, yang mampu melonjak hingga 6.6 milliar Poundsterling di bulan Mei dari April, seiring para pembeli rumah bergegas untuk mengambil keuntungan dari perpanjangan kebijakan keringanan pajak yang ditawarkan oleh Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak.

Sementara itu sebuah data dari lembaga pemberi pinjaman hipotek, Nationwide menunjukkan bahwa harga rumah di Inggris mengalami lonjakan ke level paling tingginya di tingkat tahunan dalam lebih dari 16 tahun di bulan Juni ini.

Pihak Bank of England mengatakan bahwa persetujuan hipotek untuk pembelian rumah mencapai hingga 87,500 di bulan Mei lalu, yang mencatat sedikit kenaikan dari 86,900 pada bulan April sebelumnya, namun lebih rendah dari level puncaknya baru-baru ini di angka 103,200 pada bulan November 2020 lalu.(WD)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.