fbpx
Selasa, 3 Agustus 2021

Pengenalan Pasar Saham

Materi Forex Dasar

Halo Rangers. kali ini kita akan membahas Pasar Indeks Saham, apa aja yang akan kita pelajari disini. Mengapa perusahaan menerbitkan saham ?, mengapa orang – orang berinvestasi saham, bursa saham dan apa itu Indeks saham ?.

Mengapa Menerbitkan Saham

Untuk memulai perusahaan baru atau untuk memperluan suatu perusahaan, anda membutuhkan modal. Perusahaan menggunakan berbagai sumber modal. Pemilik usaha dapat menggunakan uang mereka sendiri, perusahaan bisa meminjam uang dari bank atau orang lain, perusahaan dapat menerbitkan dan menjual saham ke investor.

Keuntungan menaikan modal melalui saham adalah anda tidak perlu membayar uang kembali atau membayar bunga ke investor. Sebagai gantinya, pemegang saham mendapatkan hak bagian dari keuntungan perusahaan

Mengapa Berinvestasi Di saham ?

Orang – orang berinvestasi di saham dengan tujuan menghasilkan keuntungan dalam tanda kuti ingin mendapatkan kekayaan. Suatu saham disebut juga sebgai ekuitas adalah unit kempemilikan terkecil di perusahaan. Jika anda memiliki saham suatu perusahaan, anda adalah bagian dari pemilik perusahaan.

Studi telah membuktikan bahwa saham atau ekuitas adalah salah satu investasi jangka panjang terbaik. Saham biasanya menawarkan investor hasil yang lebih baik daripada obligasi pemerintah, obligasi perusahaan, property dan banyak bentuk investasi lainnya.

Sebagai pemegang saham, anda memiliki hak memilih siapa yang menjalankan perusahaan dan hal-hal pelnting lainnya, seperti menjual perusahaan. Dengan menjadi pemilik perusahaan anda mendapatkan bagian dari keuntungan yang dibuat oleh perusahaan atau biasa disebut dengan deviden.

Jika perusahaan menguntungkan, harga sahamnya akan naik dan anda mendapatkan keuntungan dari investasi anda. Ini disebut sebagai keuntungan modal.

Pasar Saham

Pasar saham
Pasar saham

Pasar saham atau bursa saham sederhananya adalah tempat dimana saham ditradingkan, yaitu dibeli atau dijual. Saham perusahaan seperti APPLE atau IBM ditradingkan dibursa saham seperti Bursa Saham New York. Bursa dulunya memiliki lokasi fisik yang merupakan tempat dimana para dealer bertemu langsung, namun kini dengan teknologi yang modern mulai beralih ke trading online.

Walaupun kebanyakan bursa ditradingkan melalui bursa. Trading juga bisa dilakukan ditempat lain atau di luar bursa yaitu melalui CFD.

Index Saham

Index meringkas kinerja group saham utama, ini dihitung dengan mencari harga rata – rata dari harga saham – saham yang dimasukan kedalam group.

Misalnya, Index Dow Jones 30 dihitung menggunakan harga penutupan 30 perusahaan terbesar dibursa saham AS. UK100 adalah rata – rata 100 saham di bursa Inggris. Nikkei 225 dalah dari 225 saham di Jepang, dan seterusnya.

Ini merepresentasikan performa umum di pasar, dan dapat diterangkan secara
keseluruhan, jika tidak membeli masing-masing saham individu yang terdaftar dalam group.

Pasar sham merepresentasikan pertarungan konstan antara pembeli dan penjual dan merefleksikan pergerakan harga positif atau negatif. Jika perusahaan menguntungkan saat ini dan diharapkan akan menghasilkan lebih banyak keuntungan dimasa depan harganya akan naik.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya