fbpx
Selasa, 3 Agustus 2021

Support dan Resistance

Materi Forex Lanjutan

A. Analisa Fundamental

  1. Data Ekonomi
  2.  

B. Analisa Teknikal

  1. Chart
  2. Trendline
  3. Channel
  4. Support Dan Resistance
  5. Indikator Trading

Ada banyak cara menganalisa dalam memprediksi sebuah harga, banyak trader menggunakan alat bantu atau yang lebih familiar disebut indikator. Namun yang mendasari itu semua adalah mengenal terlebih dahulu apa itu support dan resitance atau disingkat SnR.

  • Support
    Batasan yang posisinya berada di bawah pergerakan harga yang seakan-akan membatasi harga agar tidak bergerak terlalu rendah
  • Resistance
    Batasan yang posisinya berada di atas pergerakan harga yang seakan-akan membatasi harga agar tidak bergerak terlalu tinggi.

Keadaan yang tanpa sengaja dapat terjadi berulang-ulang apabila harga mencapai level SnR yang sama. Pada dasarnya SnR ini tercipta akibat adanya sekumpulan pemikiran yang sama dari banyak trader diseluruh dunia.

Trader seringkali merespon secara serempak suatu keadaan yang mereka pikir harga telah mencapai area jenuh untuk menjual atau membeli. Pemikiran seperti ini sering terjadi berulang-ulang sehingga mentebabkan keadaan dimana tampak seperti ada garis lurus yang membatasi pergerakan harga pada titik-titik tertentu, garis lurus seperti itu yang disebut support dan resistance.

Support dan Resistance dapat pula ditunjukkan dengan garis diagonal seperti garis trendline, intinya dimana ada titik dapat ditarik garis lurus baik horisontal maupun diagonal dititik-titik tersebut, dan selama garis itu seakan-akan menjadi penghalang harga bergerak melewatinya maka dapat dikatan garis itu garis support atau resistance. Semakin sering garis support atau resistance diuji maka garis itu dapat dikatana garis strong support atau strong resistance.

Dengan memahami garis support dan resistance seharusnya trader dapat menentukan batas-batas rasional dan posisi yang ideal untuk masuk kedalam pasar sehinggat dapat menghasilkan profit yang maksimal. Hal tersebut harus juga dibarengi pemahaman aksi dan reaksi harga yang biasa terjadi apabila ada di area support dan resistance ini, pemahaman akan aksi dan rekasi dalam market agar para trader tidak salah arah dalam menetukan transaksinya

Aksi dan Reaksi yang sering terjadi dalam market

  • Harga menembus Suport dan Resistance / Break out
    adalah tertembusnya garis support/resistence atau dikenal istilah breakout, pecahnya suatu resistance disebut break up dan pecahnya garis support disebut break down.Penembusan ini berlaku valid jika harga suatu sesi ditutup dibawah garis support begitupun sebaliknya.
  • Harga gagal menembus Support Resistance / Pullback
    Bila harga gagal menembus SnR yang ada maka akan cenderung kembali menguji level support resistance sebelumnya keadaany seperti ini disebut pullback

pullback memiliki kriteria sendiri karena lebih rumit dipahami daripada breakout, karena pullback dibutuhkan keterampilan lebih bagi trader profesional dalam menganalisa pergerakan, candlestick pattern yang terbentuk di area support dan resistance apakah harga telah terkonfirmasi untuk pemantulan atau melanjutkan.

Seperti itulah Support Resistance, menjadi dasar dari segala analisa yang dilakukan trader dalam pasar dan dapat juga digunakan sebagai penentuan penempatan take profit dan stoploss.

- Advertisement -

Artikel Lainnya