fbpx
Rabu, 27 Oktober 2021

Pengertian Market Bullish dan Market Bearish

Bullish diambil dari kata Bull yang berarti banteng ( Bull ) adalah suatu kondisi dimana pasar saham sedang mengalami tren naik atau menguat. Kenaikan harga pasar ini dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di suatu negara atau bahkan diseluruh dunia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Beberapa faktor misalnya meningkatnya pendapatan perkapita naik, pertumbuhan laba perusahaan, dan faktor lainnya.

Ciri-ciri Bullish adalah Terhubungnya antar titik tertinggi dengan titik tertinggi lainnya dimana berada jalur trendline yang disebut kanal tren naik bullish. Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, telah ditambahkan sebuah trendline atas.

Bearish diambil dari kata Bull yang berarti beruang ( Bear) adalah suatu kondisi dimana pasar sedang mengalami tren turun atau melemah. Penurunan harga pasar ini dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat atau bahkan turun dari tahun – tahun sebelumnya. Beberapa faktor misalnya tingkat pengangguran bertambah, defisit neraca perdagangan, laba perusahaan yang tumbuh negatif dan faktor lainnya

Bullish dilambangkan dengan banteng
dan
bearish dilambangkan dengan beruang.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa banteng menanduk keatas sedangkan beruang mencakar kebawah, sehingga akan merepresentatif dengan kondisi perkelahian hewan. Jika banteng menang maka pasar akan naik keatas, jika beruang menang maka pasar akan turun.

Dan yang pastinya istilah dan lambang ini sudah menjadi istilah dalam pasar saham dan pasar lain seperti pasar komoditas dan pasar uang.

- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Subscribe to our newsletter

Dapatkan berita terupdate dan konten - konten menarik seputar forex.